Senin, 27 Februari 2017

Hati-hati dengan Ucapanmu.









Ini sebenarnya tulisan lama. Pernah aku publish di facebook pada tanggal 29 Mei 2010 jam 10:50, dengan judul “Is it True?”.
Aku mendaur ulang tulisan ini, karena ternyata themanya masih up to date alias belum ketinggalan jaman bin masih layak tayang. FYI....tulisan ini cuma opini lho.

Ada pameo yang mengatakan setiap ucapan yang kita keluarkan itu merupakan do'a. Benar atau tidaknya, wallahualam. Tapi dari pengamatanku secara sekilas dan dengan teori pengambilan sampel yang sangat awam plus acak-acakan, sepertinya pameo itu mendekati kebenaran.

Aku mencoba melihat  contoh kasus kehidupan beberapa penyanyi yang kemudian kita tarik garis lurus dengan lagu-lagu yang mereka nyanyikan.

Bagi teman-teman yang bertumbuh di era tahun 80-an dan 90-an, pastinya kenal donk dengan lady rocker Indonesia Nicky Astria. Lagu-lagu Nicky Astria banyak lho yang menjadi hits. Diantaranya: Biar Semua Hilang, Remang-remang Dirimu, Misteri Cinta, Lentera Cinta, Bias Sinar, dan masih banyak lagi.
Lagu-lagu hits yang judulnya aku tuliskan di atas, semuanya bercerita tentang tokoh “aku” yang mengalami penderitaan cinta, tercabik-cabik karena cinta, cinta yang kandas, sedih, melow, broken banget deh pokoknya.πŸ’”πŸ’”πŸ’”πŸ’”πŸ’”

 Kalo jaman dulu tuh, yang namanya lagu-lagu hits begini pastinya merajai tangga lagu pop di radio. Dan otomatis  selalu diputar berulang-ulang. Selain diputar di radio, biasanya penyanyinya juga banjir kontrak tour secara live. Bayangin aja, mungkin dalam sehari lagu-lagu itu bisa diputar lebih dari seribu kali di radio-radio swasta di seluruh Indonesia. (Pada era 80-an/90-an bisnis radio swasta niaga di Indonesia sedang booming dan menjamur). Itu belum termasuk ketika Teh Nicky-nya sendiri menyanyikan lagu-lagu tersebut secara live di berbagai kota. Bayangkan, begitu seringnya lagu-lagu melow tersebut diputar. Tanpa sadar seolah-olah lagu itu menjadi  sebuah do’a yang dilantunkan secara berulang-ulang, lagi dan lagi.
Kemudian, seperti yang tadi aku tuliskan di awal, aku mencoba menarik garik lurus isi lagu-lagu tersebut dengan kondisi kehidupan nyata si penyanyi. Persis seperti bait-bait lirik dalam lagu-lagunya, begitu pula bait-bait kehidupan nyata si lady rocker. Beberapa kali mengalami kegagalan dalam berumah tangga.

🎢🎢Hari ini...atau esok lusa.
Kita kan berpisah untuk slama-lamanya.🎡🎡
 πŸŽΆπŸŽΆAgar tak kan lagi kurasa. 
Luka derita hidup bersama. 🎡🎡

Usah lagi penyesalan jadi beban di hati. 🎡🎡
Tak kan lagi...ada harapan kita tuk kembali 🎡🎡
#BiarSemuaHilang

Selain Nicky Astria, ada juga seorang penyanyi pop era 80-an, Betharia Sonata. Mbak Betha ini sering banget lho bilang gini  🎸🎻🎹🎡🎢Pulangkan saja aku pada ibuku atau ayahku 🎡🎢🎷🎸 Ya udah deh...akhirnya si mbak Betha bener-bener dipulangkan ke orangtuanya sama om Willy Dozen.

Masih di era yang sama. Ada penyanyi Irianti Erningpraja, dengan lagu hitsnya berjudul, “Mengapa Kau Tinggalkan Aku.”
Miris banget, menurut berita yang aku baca di media, perceraian Mbak Irianti dengan suaminya persis dengan lirik lagu hits-nya itu. Suaminya ngotot minta cerai karena ada wanita lain, sementara mbak Irianti berusaha mencegah suaminya untuk tidak menceraikannya. Duh.....

Nah...penyanyi dangdut ada juga lho yang “termakan” oleh do’a dalam lagunya. Masih ingat Kristina kan? Itu lho....penyanyi yang bolak-balik “Jatuh Bangun”.   Eh....ternyata mbak Kristina ini benar-benar dibuat jatuh bangun sama mantan suaminya yang anggota DPR itu. Begitu nikah, dilarang berkarir. Setelah itu ada indikasi suaminya selingkuh, belum lagi pertikaian antara sang suami dengan ibundanya mbak Kristina. Endingnya, si suami tertangkap tangan menerima suap di sebuah hotel dengan seorang wanita pendamping. Wah....wah...wah...kalau menurutku sih yang begini ini bukan cuma “jatuh bangun” namanya, tapi udah jatuh ketimpa tangga, mencoba berdiri, kepleset, jatuh lagi, terus kejatuhan kelapa sampe benjol. Hihihihi.

Masih ingat mbah Surip ? 

Bangun tidur – tidur lagi.🎡🎡
 Bangun tidur – tidur lagi.🎡🎡
 Bangun tidur – tidur lagi.🎡🎡
 Banguuuuuuuunnnnnnn – tidur lagi.🎡🎡

 Dan akhirnya mbah Surip pun tidur selamanya.

Nah..untuk teman-teman yang masih muda-muda mungkin gak terlalu familiar dengan nama-nama penyanyi yang aku sebut di atas. Okelah, aku coba kasih satu contoh penyanyi muda. 

Di tahun 2011 Ayu Ting-Ting mulai dikenal publik karena lagunya yang berjudul Alamat Palsu. Lagu itu juga yang membawa Ayu menuju puncak popularitasnya. Dan siapa sangka ketika Ayu sedang menikmati puncak karir, ternyata dia harus melakoni isi lagunya tersebut.  Suami seumur jagung-nya tak pulang-pulang,  menghilang tanpa pesan.

Ke mana ke mana ke mana.🎡🎡
Kuharus mencari ke mana. 🎢🎢
Kekasih tercinta tak tahu rimbanya.🎡🎡
 Lama tak datang ke rumah.🎢🎢

Mungkin teman-teman punya contoh lain? Penyanyi yang kehidupannya sejalan dengan lagu-lagunya? Kalau punya, boleh donk kasih komen di blogku. Atau komen di facebook juga boleh. Hehehehe...ngarep.com.


Sekali lagi, tulisan ini hanya opini lho. Soalnya itu lho, om Hamdan ATT yang ngakunya sebagai orang termiskin di dunia, kenyataannya ya hidup makmur sejahtera...hehehehe.  Namun demikian aku  meyakini bahwa apa-apa yang kita ucapkan sedikit banyak memang mengandung do’a. Makanya  orang tua jaman dahulu  sering berpetuah, "Kalau bicara yang baik-baik saja biar di-aamiin-kan malaikat."

So friends....believe it or not?? The choice is yours.
πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™


4 komentar:

  1. Ya percaya nggak percaya ya Mbak. Emang kejadian..
    Jadi harus hati2 dengan apapun yg kita lakuin dan kita ucapin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak, intinya seperti pepatah londo itu ya mbak, think twice before you speak once. Makasih dah mampir ya mbak.

      Hapus
  2. Kl saya percaya mbak. Kata2 adalah doa. Soale kl.bilang jelek, jadinya bisa mbalik ke diri kita. Juga sebaliknya. Apalagi seorang ibu sekali ngomong jelek, langsung kejadian. Ih takut. Semoga kita semua dimampukan.dn.trus brusaha mjaga lisan.y mbak
    Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin....iya mbak, kenyataannya dalam hidup sehari-hari sering kita nemuin kejadian begitu ya mbak.

      Hapus